6 Hal Penting Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi

investasiJika anda bertanya kepada hampir semua penasihat keuangan dengan pertanyaan, “Kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi?”. Anda mungkin akan mendengar sebaris kalimat panjang yang terlontar dengan cepat. Ini masuk akal – secara keseluruhan, semakin cepat anda mulai berinvestasi, maka semakin besar pula dampak positif nilai waktu dari waktu ke waktu.

Tapi yang paling sering, tepatnya kapan mulai berinvestasi akan tergantung pada sejumlah pertimbangan pribadi.

Investasi melibatkan mengambil sejumlah resiko, dan seberapa baik anda mengatasi resiko akan tergantung pada situasi anda sekarang. Sebelum berinvestasi untuk pertama kalinya, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan.

  1. Pastikan anda dapat mengandalkan gajimu

Ada satu fakta yang sangat penting untuk disadari saat anda menginvestasikan uang: Uang yang anda masukkan ke dalam investasi tersebut tidak akan tersedia untuk dibelanjakan. Anda perlu mengandalkan gajimu saat ini – jumlah lebih sedikit yang anda alokasikan untuk berinvestasi.

Pada dasarnya, anda harus hidup dalam batas kemampuanmu, dan untuk melakukannya mungkin anda harus memiliki semacam anggaran yang sudah dibangun dimana memungkinkan anda untuk hidup dengan mengandalkan sedikit uang.

Jika anda terbiasa menghabiskan 100% gajimu untuk membayar tagihan dan keperluan lainnya, anda harus menemukan uang tambahan yang dibutuhkan untuk berinvestasi dan harus melakukannya secara teratur.

  1. Memiliki sejumlah uang yang disisihkan untuk investasi

Tidak peduli seberapa antusias dirimu tentang investasi, sebagian uang yang anda miliki harus selalu diletakkan ke dalam suatu tempat yang benar-benar aman. Anda harus mengambil resiko dengan uang tersebut didalam investasi, sehingga beberapa diantaranya harus dimasukkan ke dalam status bebas resiko.

Untuk investor pemula, tempat terbaik untuk meletakkan uang tunai tersebut adalah didalam dana darurat. Anda dapat menahannya didalam rekening tabungan, dana pasar keuangan atau sertifikat deposito jangka pendek – karena semua jenis ini sangat aman dan likuid.

Idenya adalah dengan memiliki sejumlah uang maka anda bisa menjaga dirimu dalam keadaan darurat, sehingga anda tidak perlu untuk melikuidasi investasi guna meningkatkan uang tunai yang diperlukan.

  1. Menjaga nilai hutangmu agar tetap minim

Anda mungkin memiliki hipotek atau kredit mobil, tetapi anda juga perlu menjaga nilai hutangmu seminim mungkin sebelum berinvestasi.

Ada satu hal lagi – jika anda mencoba untuk menginvestasikan uang guna mengembangkan investasi tersebut, anda harus mengalahkan sebagian besar tujuan yang anda jika anda berutang dalam jumlah yang besar dari kartu kredit dengan bunga 10% atau lebih tinggi. Uang yang anda bangun pada investasimu dibayar kembali ke pihak bank, untuk membayar bunga kartu kredit anda. Itu seperti menempatkan uang ke dalam salah satu saku, dan untuk menariknya keluar dari saku yang lain.

Selain itu, semakin hutang anda berkurang, maka semakin banyak uang yang anda miliki untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Dan segera ambil langkah lebih lanjut yaitu melunasi kartu kredit dengan tingkat bunga 10% dan hal ini sama seperti mengunci hasil investasi sebesar 10% selamanya.

Melunasi hutang adalah salah satu “investasi” terbaik yang dapat anda lakukan, dan salah satu cara cepat kaya.

  1. Mendidik diri sendiri sebelum mengambil resiko

Sebelum menginvestasikan uang, luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya. Tentu saja, anda dapat berinvestasi didalam reksa dana atau dana yang diperdagangkan dalam bursa sehingga uang tersebut akan dikelola oleh para profesional. Selain kedua jenis investasi tersebut, anda juga mencoba untuk memulai invesasi kecil-kecil pada bidang binary option.

Sebelum investasi uang, meluangkan waktu untuk belajar bagaimana melakukannya. Mulailah dengan mengambil resiko yang tidak terlalu besar dengan mininal investasi sebesar Rp 10.000,- pada emas di binary option. Anda bisa bertanya atau mengikuti para profesional trading dalam bidang opsi binary untuk memperdalam ilmu tersebut.

Tetapi anda masih perlu menimba ilmu tentang alokasi portofolio, resiko pasar dan setidaknya terminology investasi agar menjadi fasih. Untuk itu diharuskan untuk mempelajari aturan terkait lainnya tentang binary.

Bahkan hanya dengan mengetahui sedikit tentang investasi akan membantu anda untuk mengajukan pertanyaan cerdas. Dan ini penting karena pada akhirnya, anda adalah orang yang bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalanmu sendiri apalagi dalam bidang binary option.

Semakin banyak ilmu investasi serta trading yang anda ketahui, maka semakin banyak uang yang anda hasilkan dan investasimu akan menjadi sukses dalam waktu dekat.

  1. Memahami toleransi resiko pribadimu

Sebelum menginvestasikan beberapa dolar, anda harus terlebih dahulu fokus mempertimbangkan toleransi resikomu. Dalam rangka untuk menjadi seorang investor sukses, anda harus menginvestasikan setidaknya beberapa uangmu di pasar saham. Seberapa banyak uang akan sangat tergantung pada seberapa besar resiko yang anda ambil.

Anda dapat mengelola resiko melalui diversifikasi, dan akan meminimalkan resiko tersebut. Tetapi anda perlu untuk mengenal sejumlah tingkat resiko dan harus dilakukan secara bertahap.

Metode “Dollar Cost-Averaging” adalah salah satu cara terbaik untuk pindah ke pasar secara bertahap, membantu anda membangun dan mengembangkan toleransi resiko seperti yang anda inginkan.

  1. Menerapkan ekspetasi yang tepat

Penting untuk dipahami bahwa investasi tidak terkait dengan skema cepat kaya. Bahkan, investasi lebih erat kaitannya dengan skema kaya secara perlahan.

Anda perlu memahami konsep ini sehingga dirimu tidak frustasi dan menyerah saat berinvestasi karena anda tidak bisa menggandakan uangmu setiap tahun. Anda harus berpikir secara prespektif saat pasar sedang anjlok sehingga menarik investasimu turun ke bawah.

Pikirkan investasimu sebagai pengganti pendapatan kerjamu, bukan sebagai jalan pintas menuju kekayaan. Akan ada masa-masa dimana investasi akan berhasil seperti yang anda harapkan dan akan ada masa-masa dimana investasi bertolak belakang dengan harapanmu.

Anda memerlukan kesabaran untuk melalui itu semua, dan setelah bertahun-tahun menghadapinya, semua upayamu akan terbayar. Hanya ekspetasi yang tepat akan membiarkan itu terjadi.

Dapatkan semua faktor ini agar bekerja mendukung anda, maka anda akan membuat investasi yang sukses.

Comments are disabled